Minggu, 30 Januari 2011

Kepribadian Orang Bisa Ditebak dari Foto

0 komentar
 
"Don't judge a book by its cover". Ungkapan itulah yang selalu terngiang jika memberikan penilaian kepada seseorang hanya dari luarnya saja. Namun aturan itu tak berlaku lagi. Kini, kepribadian seseorang dapat ditebak cukup dengan melihat fotonya saja. Kesan atau ekspresi seseorang dalam foto dapat menunjukkan kepribadian aslinya

Hasil ini ditemukan dari sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 100 mahasiswa tingkat akhir di University of Texas. Para mahasiswa tersebut dijadikan subjek studi oleh juri penilaian. Para juri akan menebak kepribadian relawan dengan tepat hanya dengan melihat foto saja.

Awalnya, subjek penelitian diminta untuk difoto sebanyak dua kali. Foto pertama, mereka diminta bergaya sesuai dengan arahan dari para peneliti, yakni pandangan mata ke kamera, tidak diperbolehkan untuk senyum, kaki harus dibuka lebar, dan tangan diletakan di samping tubuh.

Sedangkan foto kedua, relawan dipotret secara alami dengan pose yang spontan. Kemudian, kepribadian asli mereka dievaluasi berdasarkan kuesioner yang mereka isi sendiri, plus digabungkan dengan kuesioner yang diisi oleh orang lain yang mengenal para relawan dengan baik.

Kemudian, juri diminta menilai para relawan berdasarkan foto mereka untuk menentukan 10 ciri-ciri kepribadian. Ternyata dengan hanya melihat foto pertama, para juri sudah mampu menebak secara akurat 3 ciri kepribadian, yaitu keterbukaan, kepercayaan diri, dan religiusitas dari para relawan. Selanjutnya, ketika melihat foto kedua para juri bahkan bisa menebak hampir semua sifat-sifat dari para relawan dengan tepat.

"Kami sudah tahu sejak lama, kalau kebanyakan orang biasanya akan ‘lompat’ pada sebuah kesimpulan tentang orang lain, hanya dengan berdasarkan informasi yang sangat sedikit," jelas Sam Gosling, salah peneliti dari University of Texas.

Pada penemuan kali ini, dengan hanya melalui sesuatu yang sederhana seperti foto, juri dapat melihat jika orang itu ekstrovert atau tidak. Biasanya pribadi yang ekstrovert cenderung lebih banyak senyum, energik, jarang tegang, terlihat sehat, rapih, dan bergaya.

sumber : berita.liputan6.com

Leave a Reply

Weitssss, mau kemana? Comment dulu boss!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...